AsliDomino – Bagi para pasien asam urat, makanan yang mengandung purin mesti dikurangi atau dibatasi. Bila kadarnya terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan pembentukan kristal pada sendi. Kristal ini bisa menyebabkan sendi mengalami inflamasi (merah dan bengkak) dan terasa menyakitkan. Selain itu, asam urat tinggi yang dibiarkan bisa menyebabkan batu ginjal.

Nyeri asam urat bisa ditangani dengan obat. Namun, perubahan gaya hidup juga harus dilakukan. Makanan seperti daging, jeroan, dan boga bahari (seafood); atau minuman tinggi fruktosa seperti jus dan minuman soda, hingga minuman beralkohol tidak disarankan untuk para pasien asam urat tinggi.

Berita baiknya, konsumsi sayuran bisa membantu menekan risiko asam urat. Sayuran apa saja? Catat di buku resep, inilah daftar sayuran terbaik untuk penderita asam urat.

1. Kentang

Segar dan Mudah Dimasak, 11 Sayur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Kentang adalah sayur pertama yang direkomendasikan untuk para pasien asam urat. Hal ini disebabkan oleh dua hal. Pertama, kentang memiliki kadar purin yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kedua, kentang juga kaya akan vitamin C. Bukan rahasia kalau vitamin C punya kemampuan untuk menekan kadar asam urat di dalam tubuh.

2. Tomat dan terong

Segar dan Mudah Dimasak, 11 Sayur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Bersaudara dengan kentang, terong dan tomat adalah anggota keluarga Solanaceae. Mengutip Arthritis Foundation, terong dan tomat kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, sehingga baik untuk pasien asam urat.

Beberapa penelitian memperingatkan senyawa solanin pada sayur Solanaceae bisa memperburuk inflamasi dan nyeri pada sendi. Meski penelitian bersifat anekdotal, ini perlu diwaspadai. Jika hal ini terjadi pada pasien asam urat, hindari dulu makan sayuran ini selama beberapa minggu.

3. Ubi jalar

Segar dan Mudah Dimasak, 11 Sayur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Sayur yang juga umbi-umbian seperti ubi jalar dan wortel mengandung jumlah purin yang rendah. Selain antioksidan, Arthritis Foundation mengatakan bahwa warna dari ubi jalar dan wortel adalah hasil dari karotenoid beta-cryptoxanthin.

Beberapa riset menunjukkan kalau konsumsi beta-cryptoxanthin dapat mengurangi risiko artritis reumatoid dan inflamasi sendi lainnya, termasuk asam urat. Oleh karena itu, sayur ini aman dan direkomendasikan untuk pasien asam urat.

4. Mentimun

Segar dan Mudah Dimasak, 11 Sayur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Seperti sayur-mayur sebelumnya, timun juga adalah alternatif yang baik untuk pasien asam urat. Mengutip Livestrong, ini karena timun mengandung purin yang rendah, sehingga bisa mencegah serangan asam urat atau kekambuhannya.

Timun juga memiliki kandungan air yang banyak, hingga 95 persen dari berat timun. Asupan cairan yang cukup dibutuhkan untuk merangsang ginjal memproduksi urine. Jadi, bukan cuma asam urat, timun pun mencegah terbentuknya batu ginjal.

5. Seledri

Segar dan Mudah Dimasak, 11 Sayur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Selanjutnya, sayuran yang juga ramah untuk penderita asam urat adalah seledri. Dilansir Healthline, ini karena seledri memiliki tiga kandungan utama:

  • Luteolin: dapat mengurangi kadar asam urat
  • 3-n-butylphthalide (3nB): dapat mengurangi inflamasi akibat asam urat
  • Beta-selinene: mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi

Bisa dicampurkan ke dalam sup atau dijadikan jus, seledri memang baik untuk asam urat. Namun, ada peringatan kalau konsumsi suplemen seledri berlebihan bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *