AsliDomino – Rumput laut biasa dikonsumsi bersama dengan sushi roll, disajikan sebagai keripik kering, dan ditambahkan dalam salad. Tapi, tahukah kamu bahwa rumput laut juga memiliki manfaat besar untuk kulit?

Ini tidaklah mengherankan karena rumput laut sarat dengan vitamin, mineral, asam amino, dan protein, yang semuanya penting untuk kesehatan kulit. Ini juga menjadi alasan mengapa skincare yang mengandung rumput laut semakin diminati. Penasaran apa saja manfaatnya? Langsung simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyembuhkan jerawat, rosacea, dan kulit sensitif

Selain Enak Dimakan, Ini 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kulit

Rumput laut bisa meringankan masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan, seperti jerawat dan rosacea. Kemampuan ini lantaran rumput laut memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung mineral alami, seperti magnesium dan seng, yang telah dikenal untuk membantu mengatasi masalah kemerahan pada kulit sensitif dan hipersensitif.

2. Mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan

Selain Enak Dimakan, Ini 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kulit

Banyak nutrisi yang ditemukan dalam rumput laut memiliki peran dalam kekuatan, warna, dan elastisitas kulit. Vitamin C menjadi salah satu yang paling penting dalam hal penuaan kulit. Ini berperan dalam pembentukan serat kolagen untuk membentuk jaringan di mana sel-sel baru dapat tumbuh, memberikan struktur dan kekuatan pada kulit. Tetapi, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun.

Enzim yang merangsang biosintesis kolagen bergantung pada vitamin C sebagai kofaktor. Menurut penelitian pada Indian Dermatological Online Journal, rumput laut seperti Laminaria Digitata, adalah sumber asam amino yang kaya; seperti glisin, dan antioksidan alami; seperti vitamin C, yang meningkatkan produksi kolagen untuk menghaluskan garis-garis dan memberikan penampilan kulit yang kenyal dan lebih muda.

3. Mengendalikan produksi minyak

Selain Enak Dimakan, Ini 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kulit

Peradangan dan minyak yang berlebihan merupakan faktor yang memperparah jerawat. Namun, rumput laut bisa menjadi bagian perawatan kulit untuk membantu mencegah dan menenangkan jerawat. Rumput laut mempromosikan penyembuhan dan mengembalikan keseimbangan, bagus untuk kulit yang mengalami minyak berlebih, kekeringan, atau jerawat yang sedang meluap.

Studi dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menemukan bukti bahwa beberapa jenis rumput laut bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak, sementara yang lain telah terbukti mengurangi bakteri yang terlibat dalam pembentukan jerawat, menjadikannya bahan potensial untuk aktivitas anti-jerawat.

4. Mengeksfoliasi sel-sel kulit mati

Selain Enak Dimakan, Ini 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kulit

Kulit secara alami dapat melepaskan sel-sel kulit mati setiap 30 hari atau lebih. Ketika ini terjadi, sel-sel kulit baru membentuk lapisan atas kulit. Namun, jika sel-sel mati itu tidak dikelupas, itu akan menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan bersisik.

Karenanya, pengelupasan sangat penting untuk membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Menurut laman Byride, manfaat lain dari Corallina officinalis, yaitu rumput laut merah adalah membantu mengangkat sel kulit mati dan melepaskannya dari permukaan kulit dengan lembut. Untuk mendapatkan manfaat pengelupasan dan detoksifikasi rumput laut, coba tambahkan garam laut dan rendaman rumput laut ke dalam bak mandi.

5. Antioksidan

Selain Enak Dimakan, Ini 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kulit

Antioksidan penting karena membantu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya. Radikal bebas diproduksi di dalam tubuh sebagai hasil oksidasi, yang seiring waktu dapat sangat merusak sel.

Tiap jenis rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang bervariasi, namun jenis yang tepat untuk penggunaan perawatan kulit adalah yang cenderung kaya akan antioksidan. Sebagai contoh, mangan, vitamin B2, C, dan E semuanya dikreditkan dengan kemampuan untuk membantu melindungi sel dari stres oksidatif. Menurut jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia, kandungan yodium dan vitamin B2 dalam rumput laut terbukti berkontribusi pada pemeliharaan kulit.

Itulah beberapa manfaat rumput laut untuk kulit. Selain dengan menggunakan rumput laut segar secara oral maupun topikal, kamu juga bisa mendapatkan manfaat di atas dengan menggunakan skincare yang mengandung ekstrak rumput laut.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *