AsliDomino – Pelembut kain memang ampuh membuat pakaian menjadi wangi dan tahan lama. Namun, tahukah kamu bahwa pelembut pakaian memiliki kegunaan lain di luar untuk mencuci pakaian?

Sama seperti banyak hal lain di rumah, ada begitu banyak cara out of the box untuk menggunakan pelembut kain favoritmu. Dilansir Considerable dan Frugal Blossom, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menggunakan pelembut kain selain untuk mencuci pakaian.

1. Mengangkat wallpaper lama

Selain Mencuci Pakaian, Ini 5 Kegunaan Lain dari Pelembut Kain

Membersihkan wallpaper lama sering kali menjadi tugas yang berat. Banyak orang mencoba mengakalinya dengan mengikisnya, tetapi hal ini justru membuat  dinding menjadi rusak. Nah, dengan bantuan pelembut kain, tugas membersihkan wallpaper bisa jadi jauh lebih mudah.

Cukup campurkan 1 tutup pelembut cair ke dalam 1 liter air dan gosokkan larutan ke wallpaper. Biarkan meresap selama 20 menit, lalu kikis kertas dari dinding. Jika wallpaper memiliki lapisan kedap air, gosok dengan sikat bulu kawat sebelum mengaplikasikan larutan pelembut kain. Kamu juga dapat mencampurkan pelembut kain dengan air hangat karena kombinasi keduanya akan membantu melunakkan lem pada wallpaper.

2. Membersihkan noda gosong pada panci dan wajan

Selain Mencuci Pakaian, Ini 5 Kegunaan Lain dari Pelembut Kain

Membersihkan panci dan wajan yang gosong menjadi tantangan yang berat bagi banyak orang. Kamu mungkin sudah menggunakan semua jenis bahan kimia yang berbeda untuk membersihkannya, tetapi tidak berhasil.

Atau, menggosoknya dengan agresif untuk menghilangkan noda gosong. Padahal, daripada menggunakan cara-cara ini, pelembut kain dapat menjadi solusi yang lebih baik.

Berikut cara menggunakan pelembut kain untuk membersihkan noda gosong:

  • Siapkan wadah yang cukup besar. Campurkan satu sendok makan pelembut kain dan beberapa gelas air ke dalam wadah tersebut;
  • Gunakan campuran ini untuk merendam panci atau wajan. Diamkan selama semalaman;
  • Esoknya, kerak gosong akan terlepas dengan sendirinya dan panci dapat dicuci seperti biasa.

3. Menghilangkan noda air keras

Selain Mencuci Pakaian, Ini 5 Kegunaan Lain dari Pelembut Kain

Noda air keras sering muncul di kamar mandi, seperti di shower dan keran, yang membuat kamar mandi terlihat kotor. Untungnya, masalah ini dapat diselesaikan dengan sekejap menggunakan pelembut kain.

Caranya, campurkan setengah cangkir pelembut kain ke dalam setengah cangkir air hangat dan semprotkan ke permukaan yang terkena noda air keras. Usap-usap dengan spons dan biarkan kering. Setelah kering, segera bersihkan dan kamar mandi akan kembali bersih tanpa ada bau kimia yang tertinggal.

4. Membersihkan kaca

Selain Mencuci Pakaian, Ini 5 Kegunaan Lain dari Pelembut Kain

Menggunakan pelembut kain yang dicampur dengan air hangat untuk menggosok jendela dan cermin akan membuatnya terlihat bersih dan tidak meninggalkan goresan. Berikut cara penggunaannya:

  • Campurkan satu tutup penuh pelembut kain dengan 2 gelas air;
  • Celupkan kain mikrofiber bersih ke dalam campuran dan peras;
  • Gunakan untuk membersihkan semua jendela dan cermin sampai benar-benar bersih. Campuran ini tidak hanya akan membersihkan jendela dan kaca, tetapi juga akan menambahkan aroma ekstra ke rumah.

5. Penolak serangga

Selain Mencuci Pakaian, Ini 5 Kegunaan Lain dari Pelembut Kain

Jika kamu sering digigit nyamuk atau ada tempat-tempat di rumahmu yang kerap menjadi tempat berkumpulnya serangga, maka pelembut kain dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Pelembut kain cair dapat digunakan sebagai alternatif penolak nyamuk yang ampuh.

Untuk membuat penolak nyamuk dari pelembut kain sangatlah mudah:

  • Siapkan botol semprot lalu isi dengan 1/4 cangkir pelembut kain, 1 sendok teh soda kue, dan isi sisanya dengan air;
  • Pasang kembali tutupnya dengan rapat dan kocok dengan baik. Semprotkan ke  tempat di mana serangga biasanya berkumpul.

Serangga membenci bau yang kuat sehingga mereka cenderung menjauh. Namun, pastikan kamu tidak menyemprotkannya pada kulit.

Ada begitu banyak kegunaan dari pelembut kain selain untuk mencuci pakaian. Ditambah, ini adalah alternatif yang cukup murah dan aman untuk beberapa opsi lain.

Jadi, selamat mencoba memanfaatkan pelembut kain untuk keperluan lain dan jika ada hal lain yang biasa kamu lakukan dengan pelembut kain, jangan malu-malu untuk share di kolom komentar, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *