AsliDomino – Memberi makan si Kecil memang bukan perkara yang mudah. Ada kalanya ketika anak susah makanan, orang tua “mengalah” dan akhirnya membolehkan anak makan apa pun yang ia mau. Pikirnya, yang penting ada makanan yang masuk.

Walaupun maksudnya baik, tetapi para orang tua sebaiknya berhati-hati, karena tidak semua makanan aman untuk anak kecil. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari. Berikut ini uraiannya.

1. Popcorn

Popcorn biasanya dinikmati saat nonton, baik bersama orang lain maupun sendiri. Makanan yang tampak aman ini ternyata bisa berisiko jika dikonsumsi balita.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK , berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), popcorn masuk ke dalam daftar jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak di bawah usia 4 tahun.

2. Minuman manis

Pernyataan bersama lembaga AAP dan American Heart Association (AHA), dan banyak lembaga kesehatan lainnya, yang dimuat dalam jurnal Pediatrics, mengungkap bahaya dari konsumsi pemanis tambahan, terutama dari minuman manis.

Menurut laporan tersebut, konsumsi gula tambahan yang berlebihan telah berkontribusi terhadap meningkatnya prevalensi obesitas pada anak-anak dan remaja. Tak hanya itu, asupan gula tambahan berlebih juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, penyakit kardiovaskular, hipertensi, dislipidemia (kadar lemak tinggi), resistansi insulin, diabetes melitus tipe 2, penyakit perlemakan hati, dan penyebab kematian lainnya.

3. Sereal sarapan

Sereal sarapan kerap dijadikan andalan karena kepraktisannya. Namun, sebaiknya anak-anak jangan terlalu sering diberi sereal sarapan.

Walaupun sereal sarapan mengandung vitamin dan serat, tapi sereal sarapan juga mengandung gula tambahan yang justru bisa menimbulkan masalah ketika dikonsumsi berlebihan.

4. Daging olahan

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, World Cancer Research Fund (WCRF) mengimbau para orang tua untuk tidak memasukkan menu daging olahan seperti salamihambacon, dan sosis, ke dalam bekal anak sehari-hari. Para ahli memperingatkan, konsumsi daging olahan berlebih akan meningkatkan risiko kanker.

5. Makanan cepat saji

Diketahui, mengonsumsi makanan cepat saji sudah jadi kebiasaan anak-anak saat ini. Padahal, asupan tinggi gula, lemak jenuh, garam, dan kalori pada anak-anak dapat memicu masalah kesehatan dini. Jenis makanan ini bertanggung jawab terhadap risiko obesitas, hipertensi, dislipidemia, penyakit jantung, dan diabetes.

Tentunya, orang tua mana pun gak akan mau dong, si Kecil yang sangat disayang memiliki risiko tinggi terhadap berbagai penyakit berbahaya tersebut?

Karena itu, untuk mencegahnya, pastikan anak mendapat asupan gizi seimbang. Hindari sering-sering mengonsumsi jenis makanan yang disebutkan di atas tadi, apalagi secara berlebihan, karena akan berbahaya untuk kesehatan anak di masa mendatang.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *