AsliDomino – Sudah sejak lama diyakini bahwa tertawa bisa menjadi obat berbagai penyakit. Hanya saja, ketika beranjak dewasa, berbagai ujian hidup membuat kita lebih jarang tertawa. Padahal, tertawa disebut-sebut dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kese

Menurut sebuah penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK , anak-anak bisa tertawa hingga 400 kali dalam sehari, sedangkan orang dewasa hanya 15 kali saja dalam sehari. Bedanya drastis banget!

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu contoh kecilnya adalah lebih seringlah tertawa. Karena, berdasarkan fakta ilmiah, ekspresi ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu efek berbahaya akibat stres. Diketahui, hipertensi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Karena itu, sangat penting menurunkan tingkat stres untuk mengurangi kemungkinan berbagai penyakit. Di antaranya adalah dengan sering-sering tertawa.

2. Tertawa bisa mengurangi kecemasan dan emosi negatif lain

Penelitian lain yang mengungkap efek tertawa dilaporkan dalam jurnal Psychological Reports. Sebanyak 53 mahasiswa dari berbagai tingkat humor dilibatkan. Para peneliti membuat mereka percaya bahwa dalam waktu 12 menit mereka akan menerima kejutan listrik.

Selama masa tunggu, kelompok pertama disuguhkan rekaman yang lucu, kelompok kedua diberikan rekaman yang tidak memiliki unsur humor, dan kelompok ketiga tidak diberikan rekaman apa pun.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi yang terbit dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA 76 perempuan yang baru saja melahirkan sebagai partisipan. Para peneliti mempelajari efek terapi tawa terhadap kadar imunoglobulin (IgA), yakni antibodi yang berperan penting dalam fungsi imun tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular

Beberapa studi telah melaporkan manfaat tertawa bagikesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Tertawa dapat melancarkan aliran darah, mengurangi peradangan (inflamasi) pada pembuluh arteri, dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

5. Menurunkan hormon stres

Penelitian yang terbit dalam jurnal Advances in Physiology Education menemukan, humor dapat merangsang berbagai sistem fisiologis yang akan menurunkan kadar hormon stres, seperti hormon kortisol dan epinefrin.

Kadar hormon kortisol yang terus-menerus tinggi bisa berdampak buruk, di antaranya menyebabkan kenaikan berat badan dan memicu penyimpanan lemak dalam perut, kondisi yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *