AsliDomino – Memiliki hewan peliharaan memang memberikan banyak manfaat. Bahkan, terkadang kedekatan manusia dengan hewan peliharaannya bisa melebihi kedekatan dengan manusia lain. Bahkan, saking dekatnya, ada juga yang sampai terbiasa tidur bersama hewan peliharaan.

Ternyata, kebiasaan tidur bersama hewan peliharaan berisiko menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, terutama bagi hewan peliharaan yang tidak di-grooming dengan baik dan terbiasa beraktivitas di luar ruangan. Apa saja risiko kesehatan yang mungkin timbul? Yuk, simak baik-baik penjelasan berikut ini.

1. Cat scratch disease

Cat scratch disease (CSD) adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh gigitan atau cakaran dari kucing yang memiliki bakteri Bartonella henselae. Seseorang juga bisa tertular CSD jika air liur kucing yang terinfeksi masuk ke luka terbuka atau terkena mata. Penyakit ini juga dapat menular dari kutu yang membawa bakteri.

2. Membuat tidur tidak nyenyak

Saat tidur bersama hewan peliharaan, ada kemungkinan hewan bergerak, mengeluarkan suara, dan membangunkan kamu sepanjang malam. Terutama bagi kucing yang aktif di malam hari.AGEN POKER ONLINE

Selain itu, jika kamu tidur dengan hewan yang berukuran kecil, alam bawah sadarmu akan merasa khawatir jika kamu menindih hewan peliharaanmu atau hewan tersebut jatuh. Hal ini berpotensi membuat kamu merasa cemas di malam hari yang dapat menurunkan kualitas tidur, menurut laman National Sleep Foundation.

3. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah penyakit yang bersumber dari parasit Toxoplasma gondii. Kamu dapat tertular penyakit ini jika tidur bersama hewan peliharaan, kemudian hewan peliharaanmu buang kotoran di atas kasur. Selain dari paparan kotoran hewan yang terinfeksi, parasit ini juga dapat menular karena makan daging setengah matang yang terkontaminasi.

4. Salmonellosis

Salmonellosis atau salmonella adalah sekelompok bakteri yang dapat hidup di saluran usus hewan peliharaan, ternak, maupun hewan liar. Manusia dapat tertular bakteri tersebut setelah bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi salmonella dan tidak segera membersihkan diri. Menurut CDC, gejala salmonella pada manusia dapat berupa diare, muntah, demam, dan kram perut.

5. Ringworm

Ringworm adalah infeksi jamur yang sangat menular. Menurut laman MedicineNet, ringworm ditularkan dari hewan ke manusia, atau manusia ke manusia melalui kontak langsung atau melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi, seperti kandang, mainan, atau selimut.

Sah saja kita memiliki hewan peliharaan dan banyak berinteraksi dengannya. Akan tetapi, tak peduli seberapa lucunya hewan peliharaan kita, tidak semestinya kita tidur satu kasur dengan hewan. Sebab, walaupun tampak bersih dan sehat, kamu bisa terkena penyakit menular dari hewan.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *