AsliDomino – Garam adalah bahan makanan yang tidak bisa kita hindari, karena tanpa garam makanan akan berasa kurang. Sampai saat ini garam memang dianggap sesuatu hal yang buruk bagi kesehatan tubuh sebagian orang, karena mengkonsumsi terlalu banyak garam melalui makanan bisa berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Karena apabila terlalu banyak garam yang ada dalam tubuh juga akan menimbulkan beberapa penyakit. Nah, berikut tanda-tanda utama pada tubuh yang perlu diwaspadai apabila terlalu banyak mengkonsumsi garam.

1. Merasa haus secara terus-menerus

Dalam sebuah jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK diterangkan bahwa ketika kamu terlalu banyak mengkonsumsi garam, konsentrasi darah akan mulai naik, otak dan ginjal akan bekerja untuk memulihkan agar tetap terjadi keseimbangan dalam tubuh.

Hormon antidiuretik diaktifkan sehingga tubuh menahan cairan untuk membantu mengencerkan lonjakan natrium yang terjadi. Kemudian sinyal saraf bekerja untuk meningkatkan sensasi haus.
2. Terlalu sering buang ar kecil

Sering buang air kecil merupakan tanda umum bahwa kamu mengonsumsi terlalu banyak garam. Sering kali, kamu mungkin merasa sangat ingin bangun di tengah malam hanya untuk buang air kecil.

Sering buang air kecil ternyata juga merupakan sebuah tanda tubuh mengalami beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih (ISK), diabetes tipe 2 dan kandung kemih yang terlalu aktif.

3. Edema atau pembengkakan

Masih dari sumber yang sama, mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh. Biasanya pembengkakan sering dirasakan di jari tangan atau disekitar pergelangan kaki.

Pembengkakan ini disebabkan oleh cairan yang berlebihan di jaringan tubuh dan dikenal sebagai edema. Edema diyakini sebagai gejala dari kondisi kesehatan yang mendasar atau tanda bahwa kamu mengonsumsi terlalu banyak garam. Solusi sederhana untuk ini adalah mengurangi asupan garam pada makanan yang kamu makan.

4. Perut kembung

Makanan asin cenderung dapat menyebabkan kembung. Hal ini disebabkan karena ketika kadar natrium dalam tubuh terlalu tinggi, diikuti dengan kadar cairan yang berlebihan tubuh akan menyeimbangkannya dengan menyebabkan kembung, terutama di area perut.

5. Makanan terasa hambar

Mengkonsumsi terlalu banyak garam tanpa disadari sebenarnya dapat mengubah selera makan, sehingga makanan akan terasa kurang enak atau terasa hambar dari waktu ke waktu.

“Banyak orang mungkin tidak menyadari seberapa banyak kelebihan natrium yang mereka konsumsi dapat menyebabkan terjadinya perubahan atau pengecilan pengecap akibat paparan garam yang berlebihan,” kata Enright, kata Enright, ahli gizi dan pelatih kebugaran di New Jersey.

6. Sering sakit kepala

Apakah kamu sesekali mengalami sakit kepala ringan tanpa penyebab yang jelas? Kemungkinan sakit kepala ini disebabkan oleh dehidrasi. Mengkonsumsi terlalu banyak garam cenderung membuat kamu sakit kepala dalam waktu singkat karena dehidrasi.

Sakit kepala adalah salah satu tanda terjadinya dehidrasi, bahkan walaupun merasa sudah minum cukup air, asupan natrium berlebihan yang ada pada tubuh bisa membuat keseimbangan cairan menjadi rusak.

7. Tekanan darah menjadi tinggi

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA Mengkonsumsi makanan tinggi natrium yang berlebihan dapat memainkan peran besar terhadap terjadinya peningkatan tekanan darah pada tubuh. Walaupun garam bukan satu-satunya hal yang dapat memengaruhi tekanan darah, ada faktor lain seperti genetika, stres, berat badan, asupan alkohol, dan tingkat aktivitas fisik juga menjadi faktor penyebabnya.

Nah, tentunya kamu tidak ingin mengalami semua masalah di atas di masa depan. Untuk itu, mulai saat ini, segera kurangi konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi, dan gantilah dengan pola makan sehat bergizi seimbang.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *