AsliDomino – Ada banyak sekali makanan yang punya manfaat kesehatan, salah satunya dalam mempercepat penyembuhan. Di antara makanan tersebut ada yang harus diolah dulu hingga bisa bekerja dengan maksimal, ada pula yang bisa dikonsumsi mentah.

Di antara berbagai jenis makanan, berikut ini adalah daftar makanan yang memiliki kemampuan ekstra dalam menyembuhkan penyakit dalam tubuh. Tentu ini bisa jadi alternatif selain pengobatan dari dokter. Penasaran?

1. Teh untuk penyembuhan infeksi

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Bahan kimia dalam teh, yaitu L-theanine, mampu mengembangkan sel T gamma delta atau sel darah kekebalan yang membentuk garis pertahanan pertama tubuh melawan semua jenis infeksi hingga lima puluh kali lipat.

Akan tetapi, di sisi lain teh juga bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga lebih dari 80 persen saat diminum dengan makanan tinggi zat besi. Solusinya, minumlah teh di antara waktu makan atau tambahkan perasan lemon untuk meminimalkan efek tersebut.

2. Asparagus bantu melawan tekanan darah tinggi

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Asparagus mengandung asparagine yang merupakan diuretik alami. Berdasarkan studi dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine tahun 2013, senyawa tersebut membantu tubuh membuang kelebihan cairan dan garam. Asparagine bermanfaat bagi penderita edema (pembengkakan jaringan karena kandungan cairannya bertambah) yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam asparagus juga bisa membantu melawan penurunan kognitif dan gejala depresi.

Namun, bila kamu menderita asam urat, batasi konsumsi asparagus karena mengandung purin yang bisa meningkatkan asam urat.

3. Keju untuk kesehatan gigi

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Menurut laporan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK sifat kariostatik keju telah menjadi subjek penelitian intensif. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa keju yang menjadi makanan penutup saat makan bisa membantu mengurangi karies.

Ada beberapa mekanisme bahwa keju bisa mengurangi demineralisasi email yang telah diungkapkan. Mengunyah keju merangsang aliran air liur. Sifat basa air liur menyangga asam yang terbentuk di plak gigi.

Ada juga peningkatan tingkat pembersihan gula karena tindakan pengenceran air liur yang distimulasi keju. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengunyah keju dapat mengurangi tingkat bakteri kariogenik. Hal ini mungkin terjadi akibat penurunan insiden karies karena kondisi dalam lesi karies cenderung mendorong pertumbuhan organisme ini.

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi tampaknya menjadi faktor lain dalam mekanisme kariostatik keju. Baik kasein dan protein whey tampaknya terlibat dalam pengurangan demineralisasi email. Kasein fosfopeptida mungkin juga bertanggung jawab untuk beberapa antikariogenisitas dengan mengonsentrasikan kalsium dan fosfat dalam plak.

4. Lemon dan jeruk nipis untuk batu ginjal

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Melansir WebMD, sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Urological Association di Atlanta, Amerika Serikat (AS), tahun 2006 menyebutkan bahwa minuman limun (lemonade) bisa efektif membantu orang-orang yang rentan dengan batu ginjal untuk memperlambat perkembangan batu baru.

Untuk orang yang rentan dengan batu ginjal, dokter biasanya meresepkan potasium sitrat dalam bentuk pil maupun obat cair. Namun, jus lemon kaya akan sitrat natural. Bila meminum air jeruk lemon atau jus lemon tanpa tambahan pemanis, itu dapat meningkatkan jumlah sitrat dalam urine ke tingkat yang diketahui dapat menghambat batu ginjal.

Meskipun tidak bekerja seefektif potasium sitrat, tetapi pasien yang lebih memilih menghindari obat-obatan dapat mengonsumsi air limun sebagai alternatif alami.

Sebagai bonus, kulit lemon juga kaya akan senyawa rutin yang dapat membantu memperkuat dinding pembuluh darah dan kapiler, berpotensi mengurangi rasa sakit dan keparahan varises.

5. Pisang baik untuk kesehatan mental

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Menurut sebuah laporan dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, pisang berukuran sedang memiliki 30 persen dari asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan, yang membantu otak memproduksi serotonin, hormon yang dapat memperbaiki suasana hati dan berperan dalam fungsi tubuh lain.

Selain itu, pisang juga mengandung triptofan yang dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

Namun, kamu perlu hati-hati karena pisang yang dimakan bersaman dengan pepaya dan alpukat dikatakan dapat memicu reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap lateks.

6. Pepaya untuk radang sendi

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Satu pepaya berukuran sedang menyediakan lebih dari dua kali dosis vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

Bukan hanya kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung senyawa antiinflamasi alami yang disebut papain. Papain telah terbukti efektif dalam mengurangi nyeri sendi, kekakuan, dan karenanya merupakan suplemen yang sangat baik bagi orang-orang denganradang sendi.

7. Bit baik untuk otak

Ternyata, 7 Jenis Makanan Ini Punya Kemampuan Penyembuhan Ekstra

Nitrat dalam umbi bit dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif dengan meningkatkan pelebaran pembuluh darah, dan dengan demikian meningkatkan aliran darah ke otak.

Ini karena bit menghasilkan oksida nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan otak, yang selanjutnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia vaskular.

Itulah tujuh makanan yang memiliki kemampuan ekstra dalam mendukung penyembuhan dan bisa jadi solusi pencegahan penyakit. Makanan lain pun juga tak sedikit yang menawarkan efek serupa. Maka dari itu, konsumsi variasi makanan sehat sebanyak mungkin lewat pola makan sehat bergizi seimbang.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *