AsliDomino  Selama pandemik, menggunakan masker menjadi hal yang wajib dilakukan di setiap kegiatan. Namun ternyata, penggunaan masker yang terlalu sering dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Timbulnya maskne atau mask acne adalah salah satu permasalahan yang paling sering terjadi pada kulit.

Melalui acara Herborist Rose Series Launch and Beauty Talkshow yang diadakan secara virtual pada Rabu (28/10/2021) lalu, Dr. Danar Wicaksono selaku Skincare Expert, membagikan tips untuk mencegah dan mengatasi terjadinya maskne selama pandemik ini.

1. Ganti masker secara berkala

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah serta mengatasi kondisi maskne adalah dengan rajin mengganti masker secara berkala. Dr. Danar Wicaksono menyebutkan bahwa penggantian masker bisa dilakukan setiap 4 jam sekali.

“Karena semakin sering kita berbicara, permukaan di dalam masker kita itu semakin kasar karena menggesek kulit, dan itu bisa mencederai skin barrier kita. Kalau bisa setiap 4 jam diganti supaya gak lembap dan jadi sarang bakteri,” jelasnya.

2. Cuci muka minimal 2 kali dalam sehari

Selain rajin mengganti masker, kita juga harus rajin mencuci muka, minimal dua kali sehari. Teknik yang dianjurkan adalah dengan metode double cleansing. 

“Kita tahu di wajah kita ada kelenjar minyak yang menghasilkan jerawat tadi. Otomatis kalo kita cuci muka, lemak dan kotoran yang ada di wajah kita terangkat, dan menghindari terjadinya breakout,” jelas Dr. Danar.

Selanjutnya, untuk metode double cleansing, mekanismenya adalah bisa menggunakan face cleanser yang biasa dipakai, kemudian dilanjutkan dengan cleansing milk atau micellar water.

3. Jangan skip toner dan pelembap!

Untuk menjaga skin barrier ini, Dr. Danar menyebutkan salah satunya adalah dengan menggunakan toner.

“Karena biasanya toner ini dipersiapkan dengan pH yang asam,” jelasnya.

Selanjutnya yang juga penting adalah menggunakan pelembap. “Jangan skip pelembap, mau itu di rumah atau saat beraktivitas. Pokoknya pelembap itu wajib banget dalam keadaan apapun harus dipakai,” tegasnya.

4. Jaga asupan makanan

Semakin canggihnya teknologi membuat semua aktivitas yang dilakukan dari rumah, jadi semakin mudah. Salah satunya adalah dalam memesan makanan. Dr. Danar menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan yang bergizi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat menjadi salah satu untuk mencegah serta mengatasi timbulnya maskne.

“Asupan makanan juga harus diperhatikan. Makanan seperti gorengan yang mengandung lemak dan minyak, yang ternyata mempengaruhi produksi kelenjar yang mengakibatkan jerawat,” ujarnya.

Sementara kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa berdampak pada kondisi kulit, seperti kulit menjadi kusam dan kering.

5. Jangan lupa stay happy!

Dan yang terakhir adalah menjaga mood agar selalau merasa bahagia. Karena seperti ungkapan kesehatan yang sering kita dengar, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Dr. Danar juga menyampaikan bahwa penting sekali untuk tetap bahagia dan berpikiran positif. “Karena dengan positive mind, fungsi tubuh kita akan menyesuaikan dengan mindset kita,” tutupnya.

Itu dia 5 tips mengatasi dan mencegah timbulnya maskne, yang banyak timbul akibat penggunaan masker yang intens selama pandemik. Sekarang sudah bye-bye deh jerawat dan breakout di kulit!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *