AsliDomino – Sistem pencernaan merupakan salah satu aktivitas tubuh yang harus dijaga kesehatannya karena berfungsi dalam memecah makanan yang kamu makan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bila kesehatannya diabaikan, jangan kaget tubuh mengalami masalah dalam hal penyerapan nutrisi.

Apa yang kamu makan dan gaya hidup yang kamu jalani berdampak langsung pada kesehatan pencernaan. Mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dapat membantu fungsinya lebih efisien dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk menjaga dan meningkatkan pencernaan. Simak, ya!

1. Rutin mengonsumsi makanan berserat baik

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan, Aktivitas Jadi Lancar!

Pola makan tinggi serat juga dapat membantu mencegah atau mengatasi berbagai kondisi pencernaan, seperti divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Selain itu, serat yang cukup juga dapat membantu kita dalam mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Serat larut menyerap air dan membantu menambah jumlah feses. Serat tidak larut bertindak seperti “sikat gigi raksasa”, membantu saluran pencernaan menjaga semuanya tetap berjalan.

Serat larut ditemukan dalam dedak gandum, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, sedangkan sayuran, biji-bijian utuh, dan dedak gandum adalah sumber serat tidak larut yang baik.

2. Memenuhi cairan tubuh

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan, Aktivitas Jadi Lancar!

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, kurang cairan adalah penyebab umum sembelit atau konstipasi. Para ahli merekomendasikan minum 50-66 ons (1,5–2 liter) cairan non-kafein per hari untuk mencegah sembelit. Namun, kamu mungkin butuh lebih dari itu bila tinggal di area beriklim hangat atau melakukan olahraga intensitas berat.

Selain air putih, kamu juga bisa memenuhi asupan cairan dengan teh herbal dan minuman non-kafein lainnya. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi kandungan airnya, seperti mentimun, zukini, seledri, tomat, melon, stroberi, jeruk bali, dan buah persik.

3. Mengunyah makanan dengan baik

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan, Aktivitas Jadi Lancar!

Pencernaan dimulai di mulut. Gigi memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga enzim di saluran pencernaan lebih mampu memecahnya. Menurut laporan dalam jurnal Viszeralmedizin tahun 2014, pengunyahan yang buruk telah dikaitkan dengan penurunan penyerapan nutrisi.

Saat kamu mengunyah makanan secara menyeluruh, kerja lambung jadi berkurang untuk mengubah makanan padat menjadi campuran cair yang masuk ke usus halus.

Mengunyah makanan secara menyeluruh memastikan bahwa kamu memiliki banyak air liur untuk pencernaan. Ini dapat membantu mencegah gejala seperti gangguan pencernaan dan nyeri ulu hati atau heartburn

4. Hentikan kebiasaan buruk ini!

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan, Aktivitas Jadi Lancar!

Kebiasaan buruk yang dimaksud di sini adalah merokok, asupan kafein berlebihan, dan minum minuman beralkohol.

Minuman beralkohol, rokok, dan terlalu banyak ngopi atau minum minuman yang mengandung kafein lainnya dapat memengaruhi fungsi sistem pencernaan dan bisa mengakibatkan masalah seperti tukak lambung dan heartburn.

5. Kelola stres dengan baik

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan, Aktivitas Jadi Lancar!

Stres punya pengaruh terhadap sistem pencernaan, yang mana beberapa penelitian sudah mengaitkannya dengan tukak lambung, diare, sembelit, dan IBS.

Manajemen stres, meditasi, dan pelatihan relaksasi semuanya telah terbukti memperbaiki gejala pada orang dengan IBS.

Itulah cara alami yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk meningkatkan dan menjaga sistem pencernaan. Yuk, lakukan setiap hari!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *