BerkahPoker -Setelah begadang semalaman, esok harinya kamu pasti merasa lelah, pening, dan tidak enak badan. Namun ternyata, kurang tidur tidak hanya memicu perasaan kurang fit pada esok harinya. Efek jangka panjang dari kurang tidur bisa sangat berbahaya dan harus diwaspadai.

Beberapa peneliti telah mengaitkan kurang tidur dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari yang sepele hingga kronis.

Inilah beberapa penyakit kronis yang disebabkan kurang tidur yang sudah di rangkum oleh AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA :

1. Diabetes

kurang tidur berkaitan dengan perkembangan diabetes tipe 2 karena memengaruhi cara tubuh memproses glukosa.

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 5 jam semalam memiliki peningkatan risiko terkena diabetes. Karenanya, menurut Harvard Medical School, meningkatkan kualitas tidur mungkin bisa meningkatkan kontrol gula darah pada

2. Penyakit jantung
Orang dengan gangguan tidur lebih mungkin mengalami penyakit jantung koroner, stroke, detak jantung tidak teratur, dan hipertensi. Menurut laman Sleep Foundation, terdapat bukti bahwa sleep apnea berhubungan dengan penyakit jantung.
Sleep apnea adalah gangguan di mana seseorang berhenti bernapas atau mengalami napas pendek saat tidur. Orang dengan sleep apnea dapat terbangun beberapa kali sepanjang malam karena saluran udara mereka tertutup begitu mereka tertidur. Gangguan tidur ini dapat mengakibatkan kebutuhan akan perangkat medis khusus yang disebut monitor apnea atau perangkat CPAP (continuous positive airway pressure).
3. Depresi

Seiring waktu, kurang tidur dan gangguan tidur bisa berkontribusi pada gejala depresi. Dalam survei yang dilakukan oleh Sleep in America, orang yang didiagnosis dengan depresi atau kecemasan, cenderung tidur kurang dari 6 jam di malam hari.

Gangguan tidur yang paling umum, yaitu insomnia, memiliki kaitan terkuat dengan depresi. Dilansir laman WebMD, mereka yang menderita insomnia lima kali lebih mungkin mengalami depresi daripada mereka yang tidak.

4. Meningkatkan tekanan darah

Individu dengan tekanan darah tinggi yang tidur kurang dari 5 jam sehari mungkin mengalami gejala yang lebih buruk. Penelitian dalam Current Pharmaceutical Design menemukan bahwa kurang tidur semalam pada orang yang sebelumnya sudah memiliki masalah hipertensi dapat mengalami peningkatan tekanan darah keesokan harinya.

5. Gangguan sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat adalah jalan informasi utama tubuh. Tidur diperlukan agar sistem saraf pusat tetap berfungsi dengan baik, tetapi insomnia kronis dapat mengganggu cara tubuh mengirim dan memproses informasi.

Menurut laman AGEN POKER ONLINE , selama tidur, jalur terbentuk di antara neuron di otak yang membantu kamu mengingat informasi baru yang telah dipelajari. Kurang tidur membuat otak kelelahan sehingga tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ini juga mungkin akan membuat kamu lebih sulit berkonsentrasi atau mempelajari hal-hal baru.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *